8 Trik Menurunkan Berat Badan Paling Tepat

Belakangan ini banyak bermunculan berbagai jenis diet untuk menurunkan berat badan. Namun ada beberapa diet yang kurang tepat dan justru menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Karena pada prinsipnya, metabolisme tubuh yang rendah akan semakin mempersulit proses penurunan berat badan. Sebelum bicara lebih jauh soal menurunkan berat badan, ada baiknya kita mengenal lebih jauh terlebih dahulu mengenai metabolisme tubuh. Karena hal yang terpenting untuk menargetkan penurunan berat badan adalah dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

•Apa itu metabolisme?
Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau pembentukan struktur tubuh. Zat gizi tersebut dapat berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Tingkat metabolisme dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya genetik, jenis kelamin, usia, kadar hormon, berat badan, dan aktivitas tubuh.
Semakin cepat metabolisme tubuh, semakin banyak kalori yang dibakar, semakin mudah menurunkan berat badan.

•Bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh?

~Sarapan
Jangan pernah melewatkan sarapan.
Sarapanlah dengan makanan karbohidrat kompleks,
tinggi protein. Protein membantu memberikan sinyal
kepada otak bahwa Anda merasa kenyang lebih lama. Contoh: oatmeal + telur.

~Olahraga dan terus bergerak
Olahraga minimal 30 menit setiap 2-3x/minggu. Olahraga yang baik adalah tipe aerobik yang memacu kerja jantung, seperti berenang, jalan cepat, lari, bersepeda.

~Istirahat cukup
Kurang tidur dapat menurunkan metabolisme tubuh.
Selain itu kadar hormon ghrelin dan kortisol meningkat
sehingga menyebabkan peningkatan nafsu makan dan penyimpanan lemak tubuh

~Banyak minum air putih
Orang yang dehidrasi akan membakar lemak 2% lebih rendah. Minumlah minimal 8 gelas/hari.

~Kalsium
Kalsium berperan penting dalam mengatur metabolisme lemak, menurut riset yang dilakukan
Departemen nutrisi Universitas Tennesse, diet tinggi kalsium, selain mencegah osteoporosis juga dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lemak lebih banyak.

~Kopi atau teh
Journal of Physiology & Behavior menunjukkan rata-rata tingkat metabolisme tubuh pada orang yang mengkonsumsi kafein meningkat 16% dibandingkan yang tidak mengkonsumsi kafein. Tapi jangan dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan tidur, nyeri perut, dan gangguan irama jantung.

~Makan makanan pedas
Bagi anda yang menyukai pedas, berbahagialah, karena menurut Journal of Nutritional Science and Vitaminology, metabolisme tubuh meningkat sampai 23% setelah mengkonsumsi makanan pedas. Cabai mengandung capsinoid yang meningkatkan energy expenditure sampai 50 kalori/hari.

~Makan teratur dan jangan membuat tubuh Anda kelaparan
Diet yang berlebihan akan menyebabkan tubuh masuk kedalam kondisi starvation mode, yaitu respons tubuh terhadap asupan rendah kalori dalam waktu lama. Akibatnya tubuh akan kehilangan massa otot dan metabolisme tubuh menurun.

Sent from my BlackBerry® smartphone

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar